selamat datang di website sukaresmi kecamatan rancabali kabupaten bandung  

Longsor di Cipelah Rancabali, Akses Jalan Lumpuh Total

Admin 20 Februari 2020 20:48:46 Berita Desa

BENCANA longsor terjadi di dua titik di Kampung Babakan Garut RT 03/RW 03 dan di Kampung Simpang RT 01/RW 03 Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Ahad (16/2/2020) sore. Bencana longsor di dua lokasi itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dan pukul 17.00 WIB.

Pada Senin (17/2/2020), jajaran Muspika Rancabali dan Ciwidey dari mulai Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung AKP Ivan Taufiq, Camat Rancabali Dadang Hernawan, dan Danramil Ciwidey Kapten Inf Toto Toha Sobana, serta jajaran personel lainnya turun langsung ke lokasi kejadian untuk menanggulangi pascabencana longsor tersebut.

Termasuk dari pemerintahan Desa Cipelah dan warga setempat bahu membahu membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan. Membersihkan material longsor itu dengan menggunakan skop, cangkul dan mobil truk untuk mengangkut tanah yang berserakan pascabencana longsor tersebut.

Berdasarkan sumber galamedianews.com di lapangan, bencana longsor di Kampung Babakan Garut yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB  itu berupa tebing setinggi 6 meter dan panjang 20 meter. Material longsoran menimbun akses jalan permukiman menuju perkebunan Citambur Desa Karangjaya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tak diharapkan, sebanyak 17 jiwa (7 kepala keluarga/KK) warga yang berdomisili di sekitar lokasi kejadian dievakuasi ke Kantor Desa Cipelah untuk sementara waktu.

Sementara itu, bencana longsor yang terjadi di Kampung Simpang pada pukul 16.00 WIB itu, lokasi longsoran berupa tebing jalan (di bawah bahu jalan akses Cipelah-Cianjur) dengan ketinggian 3 meter, dan panjang 5 meter.

Material longsoran tanah menimbun saluran air (aliran air menuju persawahan dan permukiman warga). Seluruh warga yang berdomisili di sekitar  lokasi sejumlah 12 jiwa (3 KK) dievakuasi ke Kantor Desa Cipelah.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Hendra Kurniawan, S.I.K., melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, S.H., mengatakan, bencana longsor di dua lokasi itu, setelah turun hujan deras sejak Ahad siang hingga malam. "Menurut keterangan dari warga, bencana longsor yang terjadi di dua lokasi itu, yaitu di Kampung Simpang terjadi pukul 16.00 WIB dan Kampung Babakan Garut pukul 17.00 WIB. Bencana longsor di dua kampung itu, khususnya di Kampung Babakan Garut menyebabkan akses jalan yang menghubungkan ke arah perkebunan Citambur Cipelah  sampai lumpuh total karena tertimbun material tanah longsor. Sedangkan longsor di Kampung Simpang menutup saluran air," kata Ivan.

Ivan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun menyebabkan kerugian material yang tidak sedikit.

AKP Ivan Taufiq, SH mengatakan, untuk sementara akses jalan yang berada di Kampung Babakan Garut dan Kampung  Simpang yang tembus dari jalan utama menuju perkebunan Citambur Cianjur dan Cipelah mengalami lumpuh total karena tertutup material longsor.

"Sebagian warga Desa Cipelah yang berada di titik lokasi bencana longsor dievakuasi ke Kantor Desa Cipelah. Mengingat kondisi lahan tanah masih berbahaya, karena dikhawatirkan apabila hujan kembali turun terjadi longsor lagi," katanya,

Kapolsek Ciwidey mengimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada menghadapi bencana ini. "Selalu tabah dan tawakal menghadapi musibah ini karena ini adalah bagian dari ujian Tuhan Semesta Alam kepada hamba-Nya," pungkasnya.

sumber :  https://www.galamedianews.com/?arsip=248069&judul=longsor-di-cipelah-rancabali-akses-jalan-lumpuh-total 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Aparatur Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Sukaresmi N0. 08
Desa Sukaresmi
Kecamatan Rancabali
Kabupaten Bandung
Kodepos 40973
Telepon 085294050192
Email info@sukaresmi-rancabali.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Wilayah Desa